Selamat Datang Di Blog Saya

Rabu, 16 Februari 2011

Howard Hathaway Aiken

Howard Hathaway Aiken
8 Maret 1900, Hoboken NJ, USA
14 Maret 1973, St Louis, USA


Prestasi

Menemukan / mengembangkan Mark I

Biografi

Howard Hathaway Aiken lahir 8 Maret 1900 di Hoboken, New Jersey. Namun ia dibesarkan di Indianapolis, Indiana di mana ia menghadiri Arsenal Technical High School. Setelah SMA ia belajar di University of Wisconsin di mana ia menerima gelar sarjana di bidang teknik elektro. Selama kuliah Aiken bekerja di Madison Perusahaan Gas; setelah lulus dia diangkat menjadi chief engineer di sana.
Pada tahun 1935, Aiken memutuskan untuk kembali ke sekolah. Pada 1939 ia menerima gelar Ph.D. dari Harvard University. Itu sementara bekerja pada tesis doktor di bidang fisika yang Aiken mulai berpikir tentang membangun sebuah mesin untuk membantu dengan perhitungan lebih membosankan. Aiken mulai berbicara tentang ide dan untuk melakukan penelitian ke dalam apa yang bisa dilakukan. Dengan beberapa bantuan dari rekan-rekannya di universitas, Aiken berhasil meyakinkan IBM untuk membiayai proyeknya.
Idenya adalah untuk membangun sebuah mesin electromachanic yang dapat melakukan operasi matematika dengan cepat dan efisien dan memungkinkan seseorang untuk menghabiskan lebih banyak waktu berpikir bukan bekerja atas perhitungan membosankan. IBM adalah membangun mesin dengan Aiken bertindak sebagai kepala tim konstruksi dan menyumbangkannya ke Harvard dengan persyaratan bahwa IBM akan mendapatkan kredit untuk bangunan itu. Membangun tim adalah menggunakan komponen mesin yang IBM sudah ada.

Butuh waktu tujuh tahun dan banyak uang untuk akhirnya mendapatkan mesin operasional. Bagian dari penundaan itu karena intervensi dari Perang Dunia II. Secara resmi disebut komputer IBM Automatic Sequence Controlled Calculator tapi kebanyakan orang menyebutnya I. Mark Setelah menyelesaikan Mark I, Aiken melanjutkan untuk memproduksi tiga komputer, dua diantaranya listrik daripada elektromekanis.
Lebih penting dari komputer yang sebenarnya (yang bertujuan utama untuk membuat tabel), adalah fakta bahwa ia terbukti kepada dunia bahwa komputer seperti itu lebih dari sekedar mewah, hal ini merupakan mesin tujuan praktis. Mungkin lebih penting daripada penemuan Mark I merupakan kontribusi Aiken untuk akademisi. Dia memulai program ilmu komputer pertama di dunia akademik.
Aiken pensiun dari mengajar di Harvard pada tahun 1961 dan pindah ke Ft. Lauderdale, Florida. Dia meninggal 14 Maret 1973 di St Louis, Missouri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar